Monday, April 25, 2011

Speaking About Religions...

Akhir-akhir ini berita yang gue liat di TV kebanyakan tentang kurangnya toleran untuk memiliki kebebasan beragama di negeri ini. Yang bom bunuh diri di Masjid itu lah, ancaman bom di gereja lah, penyiksaan kepada anggota Ahmadiyah lah... Dan makin lama gue makin kesel ngeliat berita kea gini.

And so, I'm going to put my opinion about this.

Beragama itu kan hak orang, dia berhak memilih jalannya sendiri untuk mencapai satu tujuan yaitu Tuhan. Kita ga akan bisa memaksa dia untuk mempercayai apa yang kita percaya, karena dia punya prinsipnya sendiri. Dan kalopun kita merasa agama kita paling benar, ya hak kita juga sih. Tapi nggak sampe seekstrim itu juga lah dan ga usah diungkit-ungkit ke orang lain yang punya kepercayaan yang berbeda. Ingat bahwa semua orang itu punya hak, dan kita sebagai warga Indonesia harus tetap memegang prinsip Pancasila. Ingat sila ke 1: KETUHANAN YANG MAHA ESA. Dan kata guru PkN saya, sila ini mengandung arti bahwa adalah suatu keharusan bagi kita untuk menghargai agama lain. Apakah bom bunuh diri adalah bentuk rasa menghargai? Saya rasa tidak.

Jika semua umat manusia di seluruh dunia memiliki agama yang sama, apakah dunia akan menjadi lebih baik? Tidak. Kehancuran di dunia ini bukan disebabkan oleh agama yang berbeda-beda, akan tetapi hati kita yang masih egois dan dingin. Agama tidak ada hubungannya dengan kekacauan di dunia, yang membuat kita membenci satu sama lain dan merusak perdamaian adalah ego yang kita miliki.

Lagipula, tujuan orang memiliki agama kan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Semua agama di dunia ini memiliki tujuan yang sama, yaitu Tuhan. Agama kan fungsinya itu, dan semua agama memiliki fungsi yang sama. Di mata saya, semua agama itu sama-sama spesial, nggak ada yang lebih bagus dari yang lain. Dan dari yang saya pelajari selama ini, ternyata semua agama itu sama ajarannya, yang membuat mereka berbeda adalah bentuk penyampaian pesannya kepada umat manusia. Misalnya nih, Kristen kan menyampaikan pesan dan pelajarannya lewat Yesus Kristus, Islam lewat Nabi Muhammad SAW, dsb. Tapi inti dari pesan-pesan dan pelajaran di semua agama itu sama, yaitu Cinta Kasih dan damai. Apakah ada agama yang mengajarkan umatnya untuk membenci? Kalo sampe ada, itu sih bukan agama namanya.

Masih ada niat untuk menghancurkan agama lain? Coba kurungkan dulu niat itu, dan dengarkan ajaran mereka. DON'T JUDGE A BOOK BY ITS COVER :) Anda tidak berhak untuk menyatakan kesesatan suatu agama tanpa tahu sejarah agama itu sendiri. Jujur, dulu saya menyimpan dendam terhadap suatu agama lain karena suatu kejadian yang membuat saya marah besar, dan suatu hari, saya dipertemukan oleh seorang teman yang memiliki agama tersebut. Dengan cara yang objektif, dia menjelaskan tentang agamanya. Di sisi lain dia juga menyatakan rasa kagumnya terhadap agama-agama lain. Ketika saya mendengarkan penjelasannya tentang agamaya, mata saya menjadi terbuka. Ternyata selama ini pemikiran saya terlalu sempit, dan dendam yang saya simpan itu sama sekali tidak berguna. Sejak saat itu, saya mulai tertarik dengan ajaran agama-agama lain, dan menjadi seorang universalist; tidak hanya terpaku kepada satu agama.

Adalah hak semua orang untuk memeluk agama yang ia rasa patut ia peluk, namun ia memiliki kewajiban untuk menghargai agama lain yang ada di muka bumi ini.

note: saya bukannya menjadi sok bijak mentang-mentang anak indigo ya disini, tapi saya memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat. jika ada kritik dan saran ataupun argumen, silahkan disampaikan dengan cara yang baik dan santun.

No comments:

Post a Comment